Sunday, October 25, 2015

5 Fraksi DPRD Bondowoso Sepakat Lengserkan Sekwan





IJEN Post-Bondowoso. Surat Permohonan Pergantian terhadap sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Bondowoso, Drs. Amir Hidayat, Msi, mengalir dari sejumlah Fraksi DPRD Bondowoso Jawa Timur. Pasalnya Permohonan Pergantian tersebut sudah diterima oleh Bupati sekitar, Senin, pukul 09.00 WIB pagi tadi (26/10). Surat permohonan ditandatangani dengan mekanisme secara terbuka oleh 5 Fraksi “Pembawa Misi Perubahan”. Dengan dilayangkannya “Surat Permohonan Pergantian” Sekretaris DPRD Bondowoso, atas nama Drs. Amir Hidayat, Msi kepada Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, sangat sulit kiranya Bupati tidak mengabulkan permintaan 5 Fraksi dengan jumlah total 28 kursi DPRD tersebut.

“Sikap yang di lakukan Fraksi, murni karena keinginan bersama Anggota DPRD. Jadi, tidak ada yang memberi instruksi atau pengaruh pihak luar,” tegas salah satu ketua Fraksi yang tidak mau disebut namanya, Minggu (25/10/2015).

“Kami berharap Bupati segera memproses permohonan 5 Fraksi Pembawa Misi Perubahan, jika tidak, kami dari 5 fraksi sepakat untuk tidak membahas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2016, sebelum ada pergantian Sekretaris DPRD”.
Menurutnya, “Surat Permohonan Pergantian terhadap Sekwan ini berangkat dari beberapa kebijakan sekwan yang seringkali tidak sejalan dengan anggota DPRD Bondowoso, terlalu mencapuri dan intervensi Anggota DPRD, serta tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik antar fraksi”.

“Surat Permohonan Pergantian atau lebih dikenal dengan “mosi tidak percaya” ini, juga menjadi agenda 5 fraksi untuk menyatukan visi dan misi untuk bergabung menjadi satu kekuatan melawan penguasa DPRD yaitu partai yang saat ini menguasai gedung parlemen. Penjajakan visi misi dan komitmen antar Fraksi pembawa Misi Perubahan menjadi taruhan yang sangat besar terhadap kepercayaan antar Fraksi Pembawa Misi dan lebih-lebih kepercayaan publik Bondowoso dalam menilai komitmen Wakil Rakyat dalam memperjuangkan aspirasi”.


Informasi lain yang dihimpun dari sumber yang sangat kompeten, bahwa Fraksi Golkar rencananya juga akan turut serta “membelot” dari partai penguasa, ternyata tidak mempunyai “nyali” dan tetap mengikuti penguasa. Menurut informasinya, Fraksi Golkar sudah jenuh dengan “permainan” Fraksi Penguasa yang selama ini yang lebih menguntungkan kelompoknya sendiri. Sehingga Fraksi Golkar akan mengambil sikap untuk bergabung dengan Fraksi Pembawa Misi Perubahan. Tetapi apa boleh buat, mungkin sudah ada lobi yang bagus, sehingga Golkar tetap memutuskan tidak turut serta tandatangan Surat Permohonan Pergantian Sekwan.

5 fraksi yang menurut informasinya di “punggawai” oleh Fraksi PDIP, menggandeng Fraksi Gerindra-Nasdem, Fraksi PKS, Fraksi PPP, dan Fraksi DAN (Demokrat-PAN). Fraksi Golkar yang rencananya turut bergabung membawa misi perubahan, menarik dukungan dari 5 fraksi Pembawa Misa Perubahan. Sehingga total tetap 5 kekuatan Fraksi DPRD yang melayangkan Surat Permohonan Pergantian kepada Sekretaris DPRD, Drs. Amir Hidayat, Msi.

Hal senada juga diungkapkan sumber dari fraksi lainnya, ia mengatakan bahwa, “5 fraksi sudah jelas-jelas setuju, walaupun ada dari beberapa anggota Fraksi yang masih diragukan komitmennya. Biar masyarakat sendiri yang akan menilai anggota DPRD yang “main-main” terhadap amanah yang diembannya. Masyarakat sudah pandai dan dapat menilai kinerja anggota DPRD secara personal”.

Sementara, sumber informasi dari pihak internal Sekretariat DPRD yang sangat dirahasiakan, menyatakan bahwa Sekwan memang sudah mendengar kalau ada kabar mosi tidak percaya dari 5 Fraksi DPRD Bondowoso dan sudah melakukan lobi kepada Fraksi penguasa. 

“Tetapi pada dasarnya Sekwan adalah abdi Negara yang hanya menjalankan perintah atasan dan apa yang dilakukan sudah diketahui oleh atasan beliau,” kilahnya. Suwarno

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/