Thursday, October 15, 2015

PUBLIKASI IJEN POST DAN BERITALIMA.COM BERJUDUL

“LEGAL OPINI MANTAN KOORDINATOR SATSUS TIPIKOR KEJATI JAWA TIMUR DIANGGAP “ABAL-ABAL”, ORANG DEKAT AD CEK KEBENARAN BERITA TERSEBUT”
 

IJEN Post-Jakarta. Publikasi berita IJEN Post Online tanggal 7 Oktober 2015 lalu dengan judul “Legal Opini Suyanto,SH, MH, Lolosnya ijasah "Abal-Abal" Indikasi kuat Gratifikasi”, banyak dinilai kalangan orang dekat AD bahwa berita itu adalah mengada-ada dan dianggap tidak mungkin, jika seorang Jaksa yang posisinya di Jakarta mengetahui kasus di Bondowoso.
“Kok bisa-bisanya seorang jaksa di Jakarta mengetahui dan memberikan pendapat hukumnya tentang kasus yang ada di Bondowoso. Memangnya boleh hal itu,” komentar salah satu orang dekat AD.

Mendapatkan informasi tersebut, Cak War, panggilan akrab Pimpinan Redaksi IJEN Post, menyatakan, bahwa berita tersebut adalah sesuai dengan informasi yang didapat oleh IJEN Post, dari personal IJEN Post yang ada di Jakarta pada saat itu. Jadi jika berita itu dianggap tidak benar, silahkan lewat hak jawab sesuai dengan peraturan yang berlaku, kami siap mempertanggungjawabkan pemberitaan tersebut. Kami berusaha, setiap berita adalah fakta yang kami temukan langsung dari sumber berita.

Pemberitaan IJEN Post online tersebut, mempublikasikan pendapat hukum (legal opini), Suyanto SH, MH yang pernah menjadi anggota Satsus Tipikor (Satuan khusus Tindak Pidana Korupsi, red) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Koordinator Satsus Tipikor yang sedang menunggu Sertijab sebagai Kajari Lombok Timur ini mengeluarkan pendapat hukum terkait pengungkapan penggunaan dokumen tidak sah oleh oknum Ketua Dewan Bondowoso, AD.

Dalam pendapatnya, "perbuatan melawan hukum itu sangat jelas dilakukan oleh KPUD. Kepolisian harus mengejar mengapa perbuatan melawan hukum itu dapat dilakukan oleh KPUD. Jika ditemukan unsur persengkongkolan dan adanya “transaksi” dalam pelolosan tersebut, maka delik pidananya memenuhi unsur pasal 12 jo 11 UURI nomor 31 tahun 1999 jo UURI nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi".

"Pelolosan surat Tanda Lulus yang tidak sesuai dengan pesyaratan Undang Undang merupakan indikasi kuat atas perbuatan yang didugakan tersebut diatas, sebab tidaklah mungkin Komisioner KPUD yang terisi orang-orang terpilih dari seleksi yang ketat, tidak mengetahui ketidak absahan STL tersebut".
Menjawab mengenai alasan bahwa KPUD meloloskan STL tersebut karena berpedoman dengan surat Keputusan PTUN yang menyatakan sah ijasah S1 AD, Jaksa senior khusus Tipikor ini mengatakan bahwa dalam kontek ini tidak ada korelasinya dengan masalah STL yang dipermasalahkan.

”Persyaratan pada PKPU nomor 13 tahun 2013 jelas menyatakan harus melampirkan ijasah yg sah setara/sederajat dengan STTB SMA yang dilegalisir oleh instansi yang berwenang. Jadi Bukan Surat Tanda Lulus (STL). Dengan demikian, maka seharusnya yang menggunakan STL tidak menenuhi syarat. Saat itu seharusnya Panwas Pemilu harus mengambil langkah untuk menegur KPUD. Tapi dengan baru dipermasalahkan masalah ini, Panwas sudah tidak ada kewenangan. Dengan demikian maka Penyidik harus dengan jeli mencari celah pidana pada dugaan gratifikasi”, jelas Suyanto disela kesibukannya.

Dalam kesimpulan penutupnya, suyanto berpendapat bahwa celah pidana itu ada, tinggal penyidik mau mencari dengan serius atau tidak. Karena indikadi itu sudah sangat jelas. Keyakinan yang dipakai sebagai alasan subyektif penyidik harus digunakan agar kasus ini terungkap dan masyarakat tidak dirugikan”, pungkasnya menutup konsultasi tim beritalima.com.

Redaksi IJEN Post sangat membuka diri dalam menerima kritik, saran bahkan sanggahan terhadap pemberitaan yang sudah dipublikasikan. Sehingga bagi pihak-pihak yang merasa keberatan atas pemberitaan kami, untuk dapat memberikan konfirmasi langsung atau surat atas keberatan pemberitaan ke alamat redaksi yang tercantum di Bok Redaksi. Sampai berita ini kami publikasikan, belum ada pihak-pihak yang menghubungi kami terkait pemberitaan tersebut. (Tim/str1)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/