Thursday, March 17, 2016

SIDANG KASUS IJEN POST, SAKSI FADIL LEBIH TAHU DARI PADA DIREKTUR ”ASLI”
Fadil : ”Rekso Joyo terima 26 PL dan 4 Proyek Lelang”


Bondowoso, ijenpost.net  – Sidang lanjutan dugaan pelanggaran UU ITE dengan terdakwa Pimpinan Redaksi Ijen Post, Suwarno Alias Cak War yang didakwa melakukan pencemaran nama baik, fitnah pada Direktur CV. Rekso Joyo, H. Faisol/Fauzi kembali digelar di Pengadilan Negeri Bondowoso(17/3) dengan agenda mendengarkan keterangan saksi.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Anggidigdo, SH, MH menghadirkan saksi H. Fadil dan Jauhari Arifin, SE. Dalam kesaksiannya didepan majelis hakim PN Bondowoso, H. Fadil mengaku mengetahui pemberitaan tentang Proyek Pembangunan Kelurahan Tamansari dari media Ijen Post tentang statemen ketua LSM Lembaga Pemantau Penggunaan Keuangan Negara (LP2KN) Propinsi Jawa Timur, yang mengkritisi proyek pembangunan tersebut.

“Saya mengetahui dari media Ijen Post,  kemudian saya klarifikasi kepada Jauhari (ketua LP2KN Jatim) saat bertemu secara tidak sengaja di kantor Kecamatan,” Jelas H. Fadil didepan Majelis Hakim PN Bondowoso yang dipimpin Dede Suryaman, S.H. M.H, dan dibantu  hakim anggota Subronto, S.H., M.H., dan Daniel Mario Halshon, S.H., M.H., Saat saksi  H Fadil dicecar pertanyaan oleh majelis tentang posisi dan kapasitasnya di CV. Rekso Joyo, hanya di jawab singkat, “saya tidak tahu”.

Majelis juga mempertanyakan berapa banyak pekerjaan CV. Rekso Joyo, H. Fadil menjawab,  bahwa CV. Rekso Joyo meliliki 26 proyek Penunjukkan Langsung (PL) dan 4 proyek Lelang”.

Mendengar jawaban H. Fadil, Majelis semakin mencecar pertanyaan, “posisi anda di CV. Rekso Joyo sebagai apa?”, Tanya Majelis Hakim. Dan pertanyaan itu  dijawa saksi ” tidak tahu”, anehnya  berapa jumlah pekerjaan di CV. Rekso Joyo saksi mengetahuinya.

“Lalu sebenarnya anda ini sebagai apa di CV. Rekso Joyo ? Tanya Hakim Lagi, dan H. Fadil hanya menjawab,”tidak tahu”
“saya hanya mengetahui proyek CV. Rekso Joyo dari rapat bahwa CV. Rekso Joyo dapat proyek sekian”, Jelas Fadil seperti kebingungan dan gugup.

Saksi selanjutnya yang dihadirkan adalah Ketua LP2KN Jawa Timur, Jauhari Arifin, SE. Majelis Hakim mempertanyakan tentang tugas dan tanggungjawab Jauhari sebagai ketua LSM LP2KN.

“Tugas saya sebagai Pemantau Penggunaan Keuangan Negara Se-Jawa Timur, lebih spesifik di Bondowoso”, jawab Jauhari.

Lebih lanjut, Jauhari juga menjelaskan, bahwa dia tidak pernah memberikan statemen apapun kepada Ijen Post. “Saya tahu ada statemen saya di Ijen Post, saya mengetahui dari H. Fadil, statemen saya dalam proyek pembangunan Kelurahan Tamansari, saya tidak tahu menahu, hanya di catut”, Terang Jauhari pada Majelis
Majelis juga menanyakan terkait sikap Jauhari atas pencatutan namanya di pemberitaan Ijen Post, dengan singkat Jauhari menjawab singkat, “Saya memafkan”.

Selanjutnya Majelis menanyakan kepada Jauhari, tentang apa yang di persoalkan dengan pemberitaan Ijen Post, dijawab,”tidak tahu”,  dan apakah pernah di klarifikasi oleh H. Fadil, Jauhari menyatakan : “klarifikasi dengan H. Fadil bahwa saya menyatakan kepada H. Fadil tidak pernah berstatemen apapun, karena H. Fadil adalah tempat saya menggali informasi, jadi tidak mungkin saya berstatemen tentang H. Fadil”.

Saat Terdakwa, Pimpinan Redaksi Ijen Post, Suwarno,  di klarifikasi tentang keterangan saksi tersebut oleh majelis , Suwarno dengan tegas menyatakan, “saya menolak kesaksian Jauhari, karena Ijen Post dan LSM LP2KN bukan sekali ini saja bekerjasama dalam publikasi hasil investigasi LP2KN, ada beberapa pemberitaan yang memuat statemen Jauhari sebagai ketua LSM LP2KN dan publikasi laporan dugaan penyimpangan keuangan Negara ke Kejaksaan Negeri Bondowoso”.

Tidak hanya menolak kesaksian Jauhari, Suwarno juga menyerahkan bukti arsip pemberitaan Tabloid Ijen Post yang memuat statement Jauhari dan arsip pelaporan ke Kejaksaan Negeri Bondowoso yang minta di publikasikan lewat Ijen Post.

Sidang selanjutnya akan dilaksanakan hari senin, 21 Maret 2016, dengan agenda JPU mendatangkan 2 saksi lagi. Majelis hakim akan melanjutkan sidang senin depan masih memeriksa saksi lainnya. (Tim/Str01)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/