Saturday, April 23, 2016

Menelisik Cyber Crime " Pembobolan" ID Blacbarry Massenger( BBM)

BONDOWOSO, ijenpost.co.id
Maraknya " pembobolan " ID email Blacbarry Massenger ( BBM) akhir akhir ini membuat banyak kalangan resah. Baru baru ini, ID BBM seorang pejabat di Bondowoso di  Hac seseorang dan menyalahgunakan untuk tujuan kejahatan. Terkait fenomena tersebut, beritalima.com merillis berita tribunnew yang memuat berita tentang pengetahuan fenomena Hacker BBM.
Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Hiralius Duha, menegaskan aksi hacker Blackberry Messenger (BBM) yang merupakan modus baru dalam dunia kejahatan dunia maya atau cyber crime ini, dilakukan pelaku, awalnya dengan membobol akun email yang menjadi ID Blackberry korbannya.
Menurut Duha, pelaku hanya bisa meng-hack BBM korban, jika akun email untuk ID Blackberry-nya tidak menggunakan akun email dari yahoo.com atau gmail.com.
"Untuk akun email yang emailnya menggunakan yahoo.com dan gmail.com, pelaku tidak bisa meng-hacknya. Karena untuk dua operator akun email itu, konfirmasi dari orang yang dianggap asing, masuk ke nomor telepon pemilik akun sebenarnya," papar Duha.
Sementara korban yang BBM nya bisa dihacker, kata Duha, adalah yang menggunakan akun email dari hotmail.com atau msn.com. "Sebab konfirmasi di akun email itu tidak melalui telepon. Karenanya pelaku berkali-kali mencoba terus, kemungkinan password calon korbannya, sampai akhirnya berhasil dibobol, dan digunakan untuk masuk dan menghack BBM korban," papar Duha.
Ia menjelaskan, Subdit Cyber Crime berhasil menangkap seorang pria hacker BBM di kawasan Bandung, Jawa Barat, 20 Februari 2014 lalu. Pria berusia 26 tahun itu mengaku sudah menghack profil BBM 3 orang korbannya. Penangkapan pria ini, berdasar laporan korban ke Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya pada 6 Januari 2014 lalu, atas nama Wibisono.
Sang hacker berhasil masuk ke profil BBM Wibisono dengan sebelumnya membobol akun email Wibisono yang digunakan untuk ID Blackberrynya. Menurut Duha, Wibisono diketahui menggunakan akun emal dari hotmail.com untuk ID Blackberrynya.
Karenanya pelaku mampu masuk ke profil BBM Korban. Dengan profil BBM korban, pelaku meminta uang ke kerabat Wibisono. Kerabat Wibisono mengalami kerugian Rp 9 Juta, karena mengirim uang ke rekening yang diminta pelaku karena mengira yang meminta adalah Wibisono.
Aksi hacker BBM, menjadi modus kejahatan baru belakangan ini. Tanpa disadari korban, para hacker mampu masuk ke profil BBM korban dan dapat mencuri semua data di BBM korban mulai dari foto, semua teman dan jejak conversation yang tersimpan. Dalam sekejap, BBM korban menjadi BBM pelaku yang terhubung dengan semua teman di BBM korban.

Sementara untuk masyarakat diimbau menggunakan akun email yang dianggap paling aman saat ini untuk ID Blackberry, yakni yahoo.com dan gmail.com. "Serta paling tidak password emailnya juga harus dirubah secara berkala untuk menghindari aksi hack BBM ini," katanya. (Tim/str01/Rillis tribunnew) (Budi Malau)





Dikirim dari perangkat Samsung saya

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/