Tuesday, June 13, 2017

LELANG EDC DISOAL, ULP POKJA dan PPK SALING LEMPAR TANGGUNGJAWAB


BONDOWOSO – ijenpost.net - Lelang gedung baru Education Development Centre (EDC) Kabupaten Bondowoso, akhirnya sudah masuk pada tahap evaluasi dokumen kualifikasi, dan di rencanakan pengumuman lelang besok 14 Juni 2017 pukul 15.00 WIB.

Sejumlah perusahaan yang mengikuti lelang banyak yang mengeluhkan proses lelang ini, bagaimana tidak, saat rekanan memasukkan penawaran, uploud data terhenti, dan tidak sukses dalam pengiriman penawaran harga lelang di proses lelang gedung EDC Bondowoso.

Kabar terbaru yang diperoleh media online ini, lelang proyek senilai Rp. 12,4 miliar itu akhirnya hanya ada 2 rekanan yang berhasil melakukan penawaran harga, yaitu adalah PT. DIPA PANALASA dengan nilai penawaran Rp 11.783.000.000,00, dan PT. PEMBANGUNAN NUSANTARA JAYA dengan nilai penawaran Rp. 11.899.639.000,00.

Menanggapi kecurigaan ada “permainan” pelaksanaan lelang proyek gedung EDC ini, berbagai pihak terkait saling lepas tanggungjawab dan saling lempar antar pihak.

Saat ditemui dikantornya, ketua ULP sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah, Suryadi, SE  menyatakan bahwa, “Saya selaku ketua ULP hanya menjalankan tugas Perpres No. 17, sebagai Ketua ULP saya hanya sebagai Fasilitator dan menjalankan managemen saja. Lebih dari itu, mengenai pemenangan tender dan sebagainya, adalah  tanggungjawab dari Pokja. Struktur kerja dalam proyek ini Pokja diatasi langsung oleh PPK dan  tupoksi dari UPL tidak bisa disamakan dengan Pokja”.

Ditempat lain, Ka. Bid. PAUD Diknas, Dra. Murni, M.Si selaku PPK dalam pengadaan proyek ini, menyatakan, “Saya hanya memiliki wewenang sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Tupoksi PPK tidak berwenang atas tanggung jawab pemenangan Tender tersebut. Segala bentuk sistem kerja selama belum diadakannya penandatangan SPK adalah wewenang penuh dari POKJA tersebut”.

Dalam hal ini pun Murni, tidak mau berkomentar tentang apapun terkait permasalahan lelang EDC yang menjadi sorotan media saat ini

Ketua POKJA, Ramaditya, A.Md, selaku staf  Pendidikan Dasar (Dikdas) di Lingkungan Dinas Pendidikan, menyatakan, “Tupoksi POKJA adalah membuat pengumuman dan membuka penawaran terhadap Rekanan yang ingin mengikuti lelang pengadaan proyek EDC tersebut. Segala bentuk pendaftaran rekanan yang mengikuti lelang, bisa mendaftar melalui online yang telah disediakan oleh LPSE”.

Untuk melihat data peserta lelang POKJA tidak bisa melihat secara langsung dokumen-dokumen kualifikasi dari Peserta tender tersebut. Pemantauan terkait kualifikasi dari peserta lelang hanya bisa dilihat oleh tim dari LPSE. Terkait masalah peserta tender dari 36 peserta tender, namun hanya 2 rekanan yang melakukan penawaran, dan rekanan tersebut menurut bukti di lapangan tidak memenuhi kualifikasi syarat pemenangan tender, kedua rekanan tersebut hanya memiliki kualifikasi M1, dimana sesuai dengan Peraturan Menteri PU Nomor 08/PRT/M/2011 tentang Kualifikasi Usaha Pelaksana Konstruksi, kualifikasi M1 diatur batasan nilai satu pekerjaan maksimal 10 milyar, sedang lelang gedung EDC bernilai 12,4 milyar atau kualifikasi rekanan seharusnya M2.

Ketua Pokja juga menyatakan, “Ketua Pokja tidak bisa memastikan bahwa apakah 2 rekanan tersebut masih layak untuk meneruskan sebagai pemenangan tender, atau harus dilakukan Re- Tender”.

“Untuk melakukan Re-Tender banyak faktor yang mempengaruhi, yaitu : Batas waktu yang telah ditentukan hanya sampai bulan desember 2017. Menunggu hasil evaluasi dari tim kerja POKJA. Sendang Tim POKJA terdiri atas, saya Ramaditya, A.Md (staff DIKDAS DIKNAS Bondowoso) selaku ketua POKJA, Wisnu (dari  Dinas PUPR) selaku sekretaris, Aripin selaku anggota, Karjono selaku anggota, Eko pribadi selaku anggota”.

” Hari rabu, 14 Juni 2017 masih akan diadakan pembuktian terhadap peserta lelang, untuk mengetahui bahwa peserta tersebut apakah layak masuk dalam kualifikasi pemenangan tender atau tidak. Jadi besok belum ada pengumuman pemenang”, jelas Ramaditya.

Dan sesuai dengan jadwal pengumuman lelang gedung EDC, pengumuman pemenangan tender tersebut pada besok hari Rabu 14 Juni 2017 pukul 14.00 WIB dan penandatangan SPK akan dilaksanakan pada akhir bulan juni 2017.

Sampai dengan berita ini diturunkan, belum ada pernyataan dari Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Dra. Endang Hardiyanti, MM belum dapat dimintai konfirmasi terkait dugaan lelang gedung EDC Bondowoso yang tidak sesuai dengan prosedur dan kualifikasi rekanan. (Amir Hasan – Fahkrul Hidayah)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/