Friday, June 2, 2017

RATA-RATA NILAI UN PROVINSI JATIM, BONDOWOSO PERINGKAT 37 DARI 38 KABUPATEN/KOTA SE-JATIM



Bondowoso – ijenpost.net – Hasil ujian nasional untuk jenjang SMP/MTS diumumkan hari ini, Jumat (2/6/2017). Kabupaten Magetan, total nilai rata-rata empat mata pelajaran siswa SMP/MTs berhasil menduduki peringkat pertama di Jawa Timur. Disusul peringkat kedua Kabupaten Probolinggo, Kab. Jember dan Kota malang di peringkat keempat.

Kabupaten Bondowoso menduduki peringkat 37 dari 38 Kabupaten/Kota seprovinsi Jatim. Kabupaten Magetan mendapatkan nilai rata 285,97, Kota Probolinggo 261,87, Kabupaten Jember 259,29 dan Kota Malang 251,75. Sedang Bondowoso mendapat nilai rata-rata UN sebesar 192,62, unggul dari Kabupaten Sampang yang berada pada posisi peringkat terakhir se Jatim.

Nilai Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah SMP/Mts di wilayah Jawa Timur pada tahun ajaran 2017/2018 mengalami penurunan.
 
Seperti dilansir situs berita Antara Jatim (01/06/17), "Siswa SMP yang meraih nilai 55 atau di bawahnya mencapai 130.152 anak dari total peserta sebanyak 402.187 siswa," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Dr Saiful Rachman usai rapat koordinasi penerimaan Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) SMP/MTs/SMPLB di Surabaya, Kamis.

Sementara untuk detail peraih nilai di bawah 55 atau di bawah standar kelulusan, Saiful tidak mengungkapnya karena masih proses pemilahan. Dia mengakui, penurunan nilai UN itu dikarenakan banyak faktor, salah satunya tingkat kesulitan yang tinggi.

Selain itu, mengutib sumber yang sama, mantan Kepala Badan Diklat Jatim ini mengungkapkan, UN tingkat SMP di Jatim mendapat perhatian. Pasalnya, lembaga penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) lebih sedikit jumlahnya dibandingkan penyelenggara Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK).

"Padahal SMA/SMK sudah 100 persen UNBK. SMP tinggal memakai komputer di SMA/SMK, tidak apa-apa. Tinggal koordinasi dengan kami. Saya berharap, tahun depan semakin banyak lembaga menyelenggarakan UNBK," tuturnya. (Suwarno)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/