Monday, July 17, 2017

Bupati Bondowoso Terus Menggali Terobosan Meningkatkan IPM

BONDOWOSO – ijenpost.net – Untuk dapat keluar dari status daerah tertinggal adalah dengan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kabupaten Bondowoso terus melaksanakan akselerasi salah satunya melalui sektor pendidikan dengan Gerakan Pendidikan Kesetaraan berbasis Desa (Getar Desa).

Menurut Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni, IPM Kabupaten Bondowoso masih terbilang rendah, maka dari itu perlunya sebuah terobosan untuk meningkatkannya. Bila dilihat IPM dari sektor pendidikan yaitu angka lama sekolah mencapai 5,57 tahun.

“IPM Bondowoso masih rendah bila dilihat dari pendidikan angka lama sekolah masih 5,57 tahun. Artinya kata dia, banyak yang tidak lulus SD, tidak bersekolah hingga ada yang sudah menyelesaikan Doktornya (S3)”.

"Dengan program Getar Desa ini, di periode atau tahun ajaran yang pertama ini saja sudah mencapai 23.714 orang calon warga belajar. Maka dalam tahun ajaran beberapa waktu kedepan, Bondowoso bisa mendongkrak kualitas pendidikan yang berimplikasi pada IPM Bondowoso," ujarnya saat sambutan acara Launching Program Getar Desa di Pendopo, Senin, (17/7/2017).

Selain itu juga upaya mendongkrak kualitas pendidikan yaitu dengan menghadirkan 2 Perguruan Tinggi Negeri yang siap beroperasi di Bondowoso, yaitu Universitas Jember dan Politeknik Negeri Jember.

"Unej akan membuka 5 sampai 6 Program Studi (Prodi) di Bondowoso, dan juga ada Politeknik yang akan beroperasi juga pada tahun ajaran ini," imbuhnya.

Amin Said Husni menambahkan, semua ini tidak lepas dari berbagai pihak terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Kepala Desa yang mau mensupport program ini, Polres Bondowoso, Kodim 0822 Bondowoso dan para tutor dari PGRI serta guru sertifikasi.

"Mari kita besama dongkrak kualitas pendidikan dengan program ini. Dan tidak luput pula terima kasih kepada PGRI dan guru sertifikasi yang dengan ikhlas menjadi tutor tanpa di bayar. Terlebih juga kepada Kapolres dan Dandim 0822 Bondowoso yang siap menjadi tutor," tuturnya.

Sebagai informasi Program ini mendapat dukungan penuh dari Polres Bondowoso, Kodim 0822 Bondowoso, Bank jatim Bond0woso, PGRI, Dewan Pendidikan, Mui, PKK Bondowoso.

Acara tersebut diresmikan Bupati Bondowoso Amin said Husni dengan pemukulan gong, dan tanda dimulainya kegiatan belajar mengajar. (Tim)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/