Friday, April 27, 2018

HASIL POLLING ONLINE, PASANGAN DHAFIR-DAYAT UNGGUL



BONDOWOSO - ijenpost.net - Pasca Debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso periode 2018-2023, untuk mengukur perkembangan kekuatan dukungan publik pemilih di Kabupaten Bondowoso untuk memilih salah satu dari dua pasangan calon, yaitu Drs. KH. Salwa Arifin - H. Irwan Bachtiar R, SE, M.Si (SABAR) dan pasangan H. Ahmad Dhafir – Drs. H. Hidayat, M.Si (Dhafir-Dayat) tersebut nantinya pada saat pencoblosan, http://suarabondowoso.com/polling/ mengadakan polling secara online.

Tujuan polling online ini, untuk mengukur perkembangan jumlah suara dukungan para kandidat calon pasca debat terbuka yang digelar KPUD Kabupaten Bondowoso, Sabtu malam (21/4/2018) lalu. Polling ditujukan kepada pengguna media sosial facebook, twitter, dan media sosial lainnya, dengan harapan setidaknya memberikan simulasi gambaran dukungan publik pemilih secara bebas pada pasangan kader NU yang saling berhadapan ini.

Polling dilaksanakan pada hari ini, 26 April 2018, dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 WIB atau tanggal 27 April 2018 pukul 00.00 WIB, di situs http://suarabondowoso.com/polling/ dalam rentan waktu 16 jam. Polling ditujukan kepada Publik pemilih secara online di Kabupaten Bondowoso dengan maksud untuk mengetahui segmen para pemilih dengan tingkat pendidikan dan ekonomi menengah ke atas.

Pada penutupan polling tepat pada pukul 24.00 WIB, Jumlah partisipasi polling sebanyak 2.071 suara. Selama 16 jam, menggelar polling dengan isi pertanyaan Siapa Calon Bupati Dan Wakil Bupati Bondowoso Periode 2018-2023 Pilihan Anda? Dengan pilihan pasangan calon KH. Salwa Arifin – Irwan Bachtiar dan pasangan calon H. Ahmad Dhafir – H. Hidayat.

Berikut adalah hasilnya:
  1. KH. Salwa Arifin – Irwan Bachtiar  :    383 Suara atau 18 %
  2. H. Ahmad Dhafir – H. Hidayat        : 1.668 Suara atau 82 %
Polling yang digelar ini bukanlah satu-satunya. Beberapa media cetak, online dan media sosial lain juga menggelar hal serupa. Hasil polling ini tentunya sangat jauh dari kondisi aslinya saat pemungutan suara pada 27 Juni 2018 nanti karena banyak sekali faktor yang menentukannya.

Polling yang digelar ini sebenarnya bukan untuk mengukur kekuatan pendukung pasangan calon. Di sini, kami tidak melihat siapa menang siapa kalah, tapi hanya ingin melihat, sejauh mana animo masyarakat Kabupaten Bondowoso dalam mensukseskan Pilbup 2018 yang akan menentukan pemimpin mereka selama lima tahun mendatang.

Dari hasil polling hari ini, dapat disimpulkan, masyarakat Bondowoso pengguna media sosial dan internet, sangat antusias mengikuti proses pilbup, mencoba mencari tahu siapa calon-calonnya, terlihat dari jumlah suara yang masuk mencapai 2.071 suara. Masyarakat pengguna media sosial juga aktif mensosialisasikan kedua pasangan calon lewat media sosial yang dapat dilihat dari jumlah share pasangan calon ke mesdia sosial, serta mencoba mengemukakan alasan mereka menentukan pilihan tersebut (terlihat dari kolom komentar facebook).

Terlepas dari siapapun pemenang polling ini, semua pihak dapat belajar dari hasilnya. Debat publik memang sangat mempengaruhi calon pemilih, terutama kalangan menengah keatas, tetapi perlu di ingat oleh para Tim Pemenangan kedua pasangan calon, bahwa Kabupaten Bondowoso sebagian besar adalah pemilih kultural, dan tingkat pendidikan pemilih menengah kebawah masih menjadi mayoritas. Partai politik pengusung pasangan calon dan semua tim pemenangannya dapat mengkaji ulang program yang dapat ditawarkan pada calon pemilih dan dilaksanakan jika menang nanti. Pasangan calon juga dapat terus meningkatkan elektabilitasnya hingga hari pemilihan nanti. Serta menyiapkan kesiapan untuk menghadapi debat terbuka kedua dan ketiga nanti.

Khusus untuk KPU, hasil ini dapat dijadikan gambaran kasar tingkat partisipasi calon pemilih di Kabupaten Bondowoso. Bentuk sosialisasi tentang pilkada di Kabupaten Bondowoso dapat lebih digencarkan, agar masyarakat lebih mengenal para calonnya secara sadar.

Yang terpenting adalah untuk warga Bondowoso sendiri. Proses Pilbup yang hingar-bingar dapat dijadikan pelajaran berharga. Jangan sampai keriuhan itu kemudian berubah menjadi kontraproduktif dan bertentangan dengan tujuan mencari pemimpin terbaik untuk Bondowoso. (Cak War)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/