Thursday, May 24, 2018

BUPATI BONDOWOSO: BULAN RAMADAN TINGKATKAN IBADAH VERTIKAL MAUPUN HORISONTAL

BONDOWOSO – ijenpost.net - Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni mengatakan bulan Ramadhan merupakan momentum untuk melaksanakan berbagai macam ibadah, baik ibadah vertikal maupun horizontal.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan di acara buka puasa bersama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Pendapa Bupati Bondowoso, Kamis (24/5/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh KH Raden Muhammad Khalil As'ad Samsul Arifin, Pengasuh pondok Pesantren Walisongo Situbondo, KH Ashari Pasya, Ketua Rois Suryah PC NU Bondowoso, KH Abdul Qodir Syam, ketua PC NU Bondowoso, Forum Koordinasi Pimpinan daerah (FORKOPIMDA), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), H Ahmad Tohari, Ketua DPRD Bondowoso, tokoh agama dan tokoh masyarakat sekabupaten Bondowoso.

Di depan undangan yang hadir, Bupati menyampaikan bahwa kesempatan bulan Ramadhan, 1 diantara dari 12 bulan dalam satu tahun, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar, haus dan dahaga, namun harus bisa diisi dengan berbagai macam ibadah. "Baik itu ibadah vertikal dan ibadah horizontal," ungkapnya.

Ibadah vertikal katanya adalah ibadah langsung kepada Allah SWT, atau ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Tuhannya, baik itu dilakukan di tempat ibadah maupun di luar tempat ibadah. Baik ibadah yang wajib maupun ibadah yang sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Sedangkan ibadah horizontal, lanjutnya, merupakan ibadah yang tidak langsung kepada Allah SWT, atau ibadah yang berupa kepedulian, kepekaan sosial terhadap orang lain atau makhluk lainya. Dan semata-mata dilakukan untuk mencari ridho Allah, seperti halnya melayani masyarakat atau disebut juga ibadah sosial kemasyarakatan.
"Tentunya jika kedua ibadah itu kita laksanakan, maka akan semakin menambah keutamaan dan bobot ibadah puasa kita," imbuhnya.

Bulan suci Ramadhan, kata Amin Said Husni, harus jadi momentum untuk senantiasa meningkatkan ibadah, keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Selain itu, untuk memperdalam ilmu sehingga menambah kesempurnaan di dunia dan akhirat.(*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/