Monday, July 9, 2018

BUPATI GELAR ACARA ADAT NAPAK TILAS PERINGATI HARJABO 199


BONDOWOSO – ijenpost.net - Memperingati Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) yang ke 199, Bupati H Amin Said Husni dan Wakil Bupati KH Salwa Arifin, beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar upacara adat napak tilas dan ziarah ke makam Raden Bagus Asra Ki Ronggo‎, di Kelurahan Sekarputih Kecamatan Tegalampel, Senin (9/7/2018).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kabupaten Bondowoso sesuai Perda Nomor 5 tahun 2011 sebagai tanda penghormatan, serta mendoakan mendiang Ki Ronggo, sebagai orang pertama yang membabat alas dan pendiri Kabupaten Bondowoso.

“Yang kami lakukan ini merupakan penghormatan kepada Ki Ronggo. Saya berharap napak tilas ini, bisa memberikan semangat kepada saya beserta pemerintah untuk terus berusaha memperbaiki dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Bondowoso," kata Bupati.

Ziarah yang menjadi agenda tahunan memperingati Harjabo ini, merupakan tradisi terakhir yang dilakukan Bupati Amin Said Husni. Pasalnya, saat ini Bupati dua periode ini telah memasuki tahun terakhir dalam memimpin Bondowoso.

“Ini terakhir kalinya saya berziarah di makam Ki Ronggo ini. Saya berharap kegiatan semacam ini terus dilestarikan, oleh bupati setelah saya,” pungkas Bupati.

Usai menyampaikan sambutannya, Bupati Amin bersama rombongan langsung menuju makam Ki Ronggo untuk melakukan ziarah dan menabur bunga serta mendoakan pendiri Kabupaten Bondowoso ini.

Menariknya, dalam acara ziarah tersebut Bupati mengajak Forkopimda dan Pimpinan OPD naik dokar (bendi) dengan menggunakan busana khas Bondowoso yang berupakan perpaduan adat jawa dan Madura, karena Ki Ronggo merupakan bangsawan keturunan Jawa yang lahir di Sumenep Madura. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/