Wednesday, July 25, 2018

MASYARAKAT ANTUSIAS SAMBUT ACARA MARS PARTY DI TANJUNG PENDAM BELITUNG


Dalam rangkaian Geopark Nasional pulau Belitung menuju UNESCO Global Geopark, ratusan masyarakat Belitung antusias menyaksikan fenomena alam posisi planet mars di Pantai Tanjung Pendam pada Sabtu malam (21/7/2018).

Di dalam momen yang jarang terjadi ini, banyak masyarakat umum, pelajar, bahkan mahasiswa sangat antusias untuk menyaksikan momen oposisi planet mars yang jaraknya dekat dengan planet bumi.

Saat ditemui oleh salah satu wartawan Ijen Post Biro Bangka Belitung, salah satu siswa SMKN 2 Tanjung Pandan, Rahmad Al Qodrii, Kelas XI, menyatakan bahwa dia sangat antusias menggunakan teropong bintang yang disediakan oleh panitia Mars Party, karenanya kita bisa melihat planet Mars yang posisinya dekat dengan bumi, selain itu dia juga bisa melihat planet-planet lainnya seperti Planet Venus, Saturnus dan Jupiter.

Dalam acara Mars Party tersebut dihadiri oleh ilmuwan ahli bidang astronomi yaitu Dr. Chatief Kunjaya, MSc., yang merupakan astronom ITB dan Rektor Universitas Machung Malang, sekaligus sebagai nara sumber pada acara Mars Party tersebut. Dalam pembicaraannya beliau mengatakan, momen oposisi Mars bisa memancarkan cahaya yang sangat terang seperti ini akan terjadi setelah 15 tahun lalu. Oposisi mars juga selain memiliki jarak yang dekat dengan bumi, planet tersebut posisinya juga berlawanan dengan arah matahari. “Pada saat ini posisi matahari di wilayah barat sedangkan posisi Mars di wilayah timur”, Jelasnya. 
Malam ini Pantai Tanjung Pendam menjadi Astro Wisata, hal tersebut juga menarik perhatian dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto.

Hermanto menjelaskan bahwa momen seperi ini tentu dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan baik dari lokal maupun interlokal. Beliau juga mencetuskan untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membuat kalender fenomena alam yang terjadi di Indonesia terutama di wilayah Belitung, dengan begitu belitung diharapkan kedepannya menjadi destinasi astro wisata. Selain wisatawan berkunjung ke tempat-tempat destinasi wisata yang sudah menjadi terkenal di dunia, mereka juga bisa berwisata dan belajar mengenai fenomena alam yang pernah terjadi di wilayah belitung. (alungfhy)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/