Sunday, July 29, 2018

Plt. SEKDA BONDOWOSO, HADIR DALAM KONTES TERNAK

BONDOWOSO – ijenpost.net – Banyak faktor yang menjadi pertimbangan juri untuk menentukan pemenang dalam kontes ternak yang digelar oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Disperta) Bondowoso, Jawa Timur. Unsur penilaian itu, secara kualitas dan kuantitas pada ternak.

Ketua Panitia Kontes Dr. Edy mengutarakan, penilaian secara kualitas yang dilakukan oleh juri, penampakan luar terhadap ternak itu. Seperti bentuk kepala, leher, bentuk badan dan kaki. Sedangkan, untuk kuantitas dilihat dari umur, tinggi badan, berat, panjang, keadaan gigi dan lingkar dada ternak.

“Penilaian secara kuantitas dilihat dari masing – masing kriteria. Sebab, masing – masing kriteria memiliki variabel yang berbeda. Seperti calon induk, dilihat dari bentuk gigi, jumlah puting dan lingkar dada. Untuk kategori ekstrim, difokuskan pada berat badan,” kata Dr. Edy di lapangan Unej Kampus 2 Bodowoso Desa Poncogati tempat kontes digelar Minggu (29/7).

Kontes diikuti 144 ekor ternak sapi dari berbagai kategori. Panitia membagi 7 kategori lomba. Diantaranya, sapi pedet jantan hasil Inseminasi Buatan (IB), sapi pedet betina IB, sapi calon kereman IB, sapi kereman hasil IB, sapi calon induk hasil IB, sapi induk hasil IB dan sapi kereman ekstrim.

Selain piagam penghargaan, panitia menyediakan uang tunai sebesar Rp 81 juta. Anggaran itu bersumber dari APBD 2 Bondowoso sebesar 47 juta dan 24 juta berasal dari Uneversitas Jember.

Penilaian yang dilakukan oleh Juri, juara pertama untuk kategori kereman ekstrim dimenangkan oleh kabupaten lumajang. Dengan berat badan mencapai 1318 kilogram. Sedangkan, untuk juara umum dimenangkan oleh Kecamatan Grujugan Bondowoso. PLT Sekda Kabupaten Bondowoso, Karna Suswandi menerangkan, ditempatkannya kontes di Unej Kampus 2 Bondowoso, dikarenakan kampus baru itu telah membuka program studi (Prodi) peternakan. Diharapkan, nantinya akan muncul tenaga peternakan yang mumpuni. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/