Saturday, August 25, 2018

BUPATI RESMILAN DESA BUDAYA DI PRAJEKAN BONDOWOSO

BONDOWOSO - ijenpost.net – Bupati Bondowoso, Jawa Timur, Drs. Amin Said Husni, meresmikan desa Budaya, yakni Desa Prajekan Lor, Kecamatan Prajekan, Sabtu (25/8/2018), malam hari.

Peresmian desa budaya tersebut, diwarnai dengan berbagai kegiatan di antaranya, pentas opera dengan bertajuk ‘Jimat’ dan penggelaran tabuh lesung (Ronjhengan).

Dalam sambutannya Bupati Amin, menyampaikan, bahwa kegiatan ini suatu karunia yang sangat kita syukuri karena Prajekan Lor mempunyai budaya yang masih bisa dilestarikan.

“Saya berharap, ini semua harus dipertahankan,” ujar Bupati dua periode itu.

Menurutnya, banyak kisah-kisah sejarah yang tumbuh di Prajekan Lor, seperti Ronjhengan yang dihidupkan lagi. “Karena budaya ini, adalah bagian dari utuhnya NKRI,” ucap orang nomor satu di Bondowoso itu. 
Sementara Kepala Desa Prajekan Lor, Fandi Sopyan Hidayat, mengatakan, bahwa budaya yang ada di Desa Prajekan Lor, sebagai lambang persatuan dan kesatuan untuk melestarikan budaya yang ada.

“Sebagai pemerhati budaya, kami bersama pemerintahan desa, bakal melestarikan budaya yang ada di Prajekan Lor, di antaranya situs-situs sejarah yang masih ada,” ungkap Fendi.

Ia juga menyebutkan, bahwa balai pendopo eks Kewedanan Prajekan, adalah peninggalan tempat gerapah, karena patung di tempat tersebut ditemukan seperti makam Temenggung Unem, dan makam Pahlawan Santawi. “Saat ini nama tersebut dijadikan nama jalan,” sebut Fandi.

Hasil pantauan petisi.co, Bupati Amin, yang didampingi kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Dra. Hj. Endang Hardiyanti, MM., Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Bondowoso, Hary Patriono, Camat Prajekan, Abdurrahman, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta sejumlah Pemdes setempat, ikut tabuh Lesung (Ronjhengan’).

Ketika itu, ia menandatangani prasasti dengan menggunakan cap tangan lima jarinya yang disaksikan masyarakat Prajekan Lor.

Usai penandatanganan prasasti Amin langsung berpamitan untuk menuju pembukaan Acara fertival kopi RBK di alun-alun Raden Bagus Assra. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/