Wednesday, February 6, 2019

Bondowoso Raih Prestasi SAKIP Nilai BB

BONDOWOSO – ijenpsot.net – Pemerintah Kabupaten Bondowoso akhirnya berhasil meraih Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan predikat BB. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB).Di hotel Golden Tulip Banjarmasin, dan dihadiri juga oleh Sekjen Kemendagri.

H Irwan Bachtiar Rahmat SE Msi Wakil Bupati Bondowoso, menyampaikan pada via telpon, Rabu siang (6/2/2019), usai menerima penghargaan SAKIP.

“Penghargaan SAKIP predikat BB ini, merupakan reward yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten Bondowoso. Dan ini untuk seluruh masyarakat Bondowoso. Penghargaan SAKIP itu dinilai kinerjanya, apakah anggaran yang dialokasikan itu berdampak, dan mempunyai hasil kepada masyarakat. Bukan hanya sebatas ada anggaran dikeluarkan tapi tidak berdampak,”ujarnya.

Sakip itu adalah suatu sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, imbuhnya, agar APBD yang anggarkan itu betul-betul berbasis kinerja. 

“Sakip ini dimaksudkan oleh pemerintah pusat, supaya anggaran di semua daerah itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan berdampak pada masyarakat. Karena dulu sebelum ada sistem Sakip ini banyak APBD yang tidak berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sehingga dibentuknya Sakip. Sakip dibentuk mulai 2015,”imbuh Wabup Irwan.

Lebih jauh Wabup Irwan mengungkapkan, SAKIP hingga saat ini lebih dipandang sebagai sebuah media statis. Sehingga berjalannya mekanisme pertanggungjawaban kinerja mengharuskan adanya sistem yang hidup dan dihidupkan. Sistem itu terlihat dari berjalannya mekanisme analisis dan evaluasi dengan melibatkan seluruh unsur pejabat teknis dan pimpinan.

“SAKIP yang memberikan manfaat adalah sebuah sistem yang dapat digunakan sebagai alat untuk memperbaiki kebijaksanaan serta mendorong pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan,” jelasnya. 
Menurutnya, seharusnya SAKIP dapat digunakan sebagai dasar dalam memberikan reward dan punishment yang bisa dikaitkan dengan kinerja individu.

“Manfaat tersebut baru bisa dipetik jika ada komitmen yang kuat dari pimpinan untuk memberikan pemahaman yang kuat akan pentingnya SAKIP yang tak hanya bisa berfungsi sebagai media pertanggungjawaban kinerja tetapi juga sebagai alat pengendalian,” harapnya.

Dalam kegiatan tesebut, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin didampingi oleh Wabup Irwan . “Saya ikut mendampingi Bupati. Selain itu, yang ikut juga teman –teman TIM Sakip, Asisten III, Inspektur, Kabag Organisasi dan Kadis Kominfo. Penghargaan tersebut diterima Bupati sekitar Jam 10 lebih 8 menit,”tutupnya. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/