Wednesday, February 13, 2019

Bupati Bondowoso Imbau Kepala Desa Hati-hati Gunakan Dana Desa


BONDOWOSO – ijenpost.net – Dalam acara workshop evaluasi implementasi sistem tatakelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes 2.0, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin meminta kepada seluruh kepala desa, agar bijaksana dalam mengalokasikan Dana Desa (DD).

Ia juga mengimbau, agar ke depan kepala desa juga harus berhati-hati dalam pengelolaan dana desa.

Pasalnya, kata dia, fenomena yang terjadi, banyak aparat yang terjerumus kepada masalah hukum karena mungkin kurang tepat dalam pengelolaan DD.

“Saya harapkan jangan sampai terjadi, terjebak dengan masalah hukum, gara-gara pengelolaan dana desa ini,” katanya saat memberikan sambutan, sekaligus membuka acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten tersebut, Rabu (13/2/2019).

Ia juga menjelaskan, bahwa kucuran DD dari pusat cukup besar, tentunya pelaporannya juga cukup rumit. Maka, kata dia, perlu untuk mengikuti kegiatan workshop semacam ini secara seksama.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI, Sumail Abdullah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, otonomi daerah menjadi sebuah komitmen yang harus dikuatkan dengan keuangan yang kuat di desa.

Namun demikian, kata dia, keuangan yang kuat di desa tersebut, harus diimbangi sistem yang memudahkan, salah satunya Siskeudes 2.0, agar perangkat desa mudah dalam melaksanakan dan melakukan perencanaan hingga pertanggungjawabannya.

“Di beberapa tempat hari ini, ada peningkatan dalam kasus-kasus hukum itu, kami tidak ingin itu terjadi,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi BPKP atas terselenggaranya kegiatan ini, agar DD bisa dievaluasi secara terus-menerus. “Tujuannya, tidak bermaksud untuk mengintip, tetapi kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah yang kami anggarkan di Komisi XI, betul-betul tersalurkan untuk kepentingan rakyat banyak,” jelas pria yang akrab disapa Sumail itu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan workshop itu, sebenarnya adalah untuk mempermudah seluruh perangkat desa. Utamanya, dalam penggunaan aplikasi Siskeudes 2.0.

Selain Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, hadir juga Kepala Perwakilan BPK Jatim Hari Purwaka, Kanit I Sub Dir Tipikor III Polda Jatim Kompol Yus Indra, Direktur PPKD Bea Rejeki Tirta Dewi, Pj Sekda Agung Tri Handono, Kepala Inspektorat Wahyudi Triatmajdi, serta Kepala Dinas PMD, dan seluruh kepala desa. Diharapkan, Kepala Desa bijak dalam mengalokasikan Dana Desa (DD). (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/