Tuesday, February 12, 2019

Kerusakan Jalan Akibat Penyalah Gunaan Tonase oleh perusahaan di Desa Semare dan Kraton, LSM GMBI Unjuk Rasa


PASURUAN ijenpost.net Jalan yang merupakan akses transportasi penting bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian, namun apa jadinya akses jalan desa yang memiliki tonase kendaraan kecil di salah gunakan oleh para perusahan sekitar desa dengan mempergunakan kendaraan besar untuk keperluan angkutan usahanya, ini terjadi di Desa Semare dan Desa Kraton Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, PT. PGN, PT. Pertagas, PT. IsarGas dan PT. HCML, perusahaan yang beroprasi di wilayah semare dan kraton menggunakan sarana transportasi yang melebihi tonase dan kelas jalan. Sehingga jalan di desa tersebut rusak. Yang berakibat merugikan penduduk pengguna jalan. Kerusakan jalan tersebut juga disebabkan faktor adanya pengabaian dan pembiaran pemerintah daerah.

Akibat dari keresahan Warga akan akses jalan Desa yang rusak, LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) bersama warga dua Desa (11/2) melakukan aksi turun jalan menutup akses keluar masuk kendaran menuju perusahaan menuntut Pemerintah Daerah untuk bertanggung jawab atas kerusakan jalan desa ini.

Ketua Koordinator aksi GMBI, Ashari mengatakan, "pihaknya melakukan aksi damai ini menuntut para perusahaan di daerah dan Pemerintah Daerah Kab. Pasuruan untuk bertanggung jawab akibat kerusakan jalan desa kami dan mengembalikan fungsi sungai yang ada di sepanjang desa ini".

Tiga tuntutan yang di ajukan Warga melalui LSM GMBI ini, lanjut Ashari, "pertama Pemerintah Daerah dan Perusahaan yang menggunakan akses jalan desa ini bertanggung jawab dan memperbaiki kerusakan jalan desa, ke dua pengembalian fungsi awal sungai sepanjang jalan desa ini karena saat ini sungai telah menyempit dari semula, ke tiga menuntut keterbukaan pemberian CSR (corporate social responsibility). Bila hal tersebut tidak dijalankan oleh Pemerintah Daerah Pasuruan dan para Perusahaan sekitar dua Desa ini, maka LSM GMBI bisa membawa urusan ke ranah Hukum", pungkas Ashari mengakhiri pembicaraannya.

Sampai berita ini naik cetak, pihak perusahaan dan Pemkab Pasuruan belum memberikan tanggapannya atas aksi Warga desa tersebut. (nes)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/