Thursday, August 1, 2019

Kegiatan Sosialisasi HIPPA Di Desa Banjarejo Kab Malang

MALANG - ijenpost.net - Air sebagai kebutuhan utama sehari hari oleh setiap insan manusia, terutama para petani agar supaya hasil pertaniannya berhasil dan mendapatkan panen yang baik, maka di butuhkan sumber air yang yang mencukupi dan tata cara pengaturan aliran air ke lahan pertaniannya, untuk itulah Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Kabupaten Malang pada Rabu (31/07) memberikan sosialisasi pada Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sido Makmur di Desa Banjarejo Kecamatan Pagelaran Kab Malang dengan materi pembinaan seputar irigasi , mulai dan pemeliharaan dan pengaturan air. Pembawa Materi sosialisasi HIPPA kali ini, Gatot, Sukamto dan Ihkwan Manuni, yang semuanya adalah mantan Pegawai Dinas PU SDA Kabupaten Malang yang telah purna tugas.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Bina Manfaat (BM) PU SDA Kabupaten Malang Budi Cahjono mengatakan," kegiatan yang dilaksanakan sebagai wujud nyata pembinaan kepada petani agar mereka bisa mandiri dan berpartisipasi aktif terhadap usaha-usaha operasi dan pemeliharaan saluran. “Sosialisasi pembinaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada HIPPA agar bisa mandiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya,” terang Budi.

Di samping itu, lanjut Budi , "pembinaan yang dilakukan ini,untuk mengingatkan kembali bahwa para pengurus dan anggota agar dalam melaksanakan segala hal apapun yang berkaitan dengan pengairan harus mengacu pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Namun tujuan utama dosialisasi ini agas supaya dalam penggunaan air irigasi harus imbang bagi seluruh anggota HIPPA serta menghimbau untuk selalu menjaga dan memelihara jaringan itigasi tersier tersebut dan mengembangkan inovasi dalam sumber daya air ini".

"Selain itu, kegiatan ini di laksanakan demi meningkatkan kemampuan serta inovasi HIPPA agar dapat berdaya saing, serta mampu bekerjasama dengan dengan daerah lain, dan dapat saling bertukar informasi terkait irigasi dan saluran tersier. Serta mampu berkompetisi pada level yang lebih tinggi yang nantinya mengharumkan nama Kab Malang", ujar Budi.

Harapannya, "seluruh anggota yang ikut sosialisasi HIPPA ini dapat memetik ilmu dan manfaat yang di berikan pembawa materi, dan nantinya dapat di implemantasikan dan ketuk tular kepada petani-petani yang lain yang pada akhirnya peningkatan mutu dan produksi nantinya berdampak peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut", pungkas Budi. (nes)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/