Wednesday, September 18, 2019

GERAKAN TANAM KORAMIL 0822/09 PUJER BONDOWOSO

BONDOWOSO – ijenpost.net – TNI AD turun ke sawah guna memaksimalkan hasil pertanian. Personel TNI AD membantu petani dengan melakukan percepatan Gerakan Tanam (Gertam) padi, untuk masa tanam saat ini. Seperti yang dilakukan Koramil 0822/09 Pujer Bondowoso yang terjun langsung menanam padi bersama di Desa Kejayan Kec. Pujer Bondowoso (18/09/2019).

Menurut Danramil 0822/09 Pujer, Kapten. Chb. Adi Suwarso, mengatakan bahwa Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Pemerintah untuk menambah Luas Tambah Tanam (LTT) diwilayah Kec. Pujer. Tujuan Gerakan Percepatan Tanam Padi untuk mendukung ketahanan pangan nasional khususnya di Kecamatan Pujer, pihaknya melakukan penanaman padi bersama kelompok tani dan para Bhabinsa.

Hal ini dilakukan secara serentak guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Turut serta dalam Gertam Padi diantaranya, Bintara Tinggi (Bati) TNI Pelda. Santoso, Babinsa Kejayan Serda Anwar Taufik, Kelompok Tani Sumber Tani 6 Desa Kejayan, PPL dan Mantri Tani Kec. Pujer.

”Penanaman padi bersama ini merupakan gerakan tanam padi serentak akhir tahun di area pesawahan Desa Kejayan,” kata Pelda Santoso usai penanaman padi.
Santoso juga mengungkapkan, gerakan percepatan tanam padi ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada para kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Pujer dalam mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan menuju swasembada pangan.

”Tujuan semua ini untuk meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto Bersama Rakyat TNI Kuat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Santoso, dirinya menugaskan kepada Babhinsa di wilayahnya agar selalu melakukan pendampingan terhadap kelompok tani mulai dari tanam sampai panen. Karena, PPL dan Babhinsa harus senantiasa bersinergi, selalu mendorong dan memberikan motivasi kepada para petani untuk penanam padi guna mencapai hasil yang maksimal.

”Ini merupakan kegiatan kebersamaan kami dengan rakyat, karena kami berasal dari rakyat. Jadi kegiatan seperti ini perlu digalakkan lagi agar antara rakyat dengan TNI bisa menjalin kebersamaan,” katanya.

Santoso juga menjelaskan, pihaknya akan terus memotivasi untuk bercocok tanam dengan baik. Dengan begitu, katanya, bisa mendorong swasembada pangan untuk menopang ketahanan pangan. ”Harapan kami, target swasembada pangan nasional akan lebih cepat tercapai,” paparnya. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/