Wednesday, September 25, 2019

LSM LAKI : Pernyataan Sekda Tidak Perlu Dikaji Secara Ilmiah

BONDOWOSO – ijenpost.net – Sekda Bondwooso, Saifullah kembali menjadi sorotan karena mengeluarkan penyataan Bondowoso Miskin Tapi Sombong. Ada pihak-pihak yang sampai menuntut Sekda, untuk meminta maaf kepada masyarakat seluruh Bondowoso.

Sekda Saifullah menanggapi polemik yang terjadi di masyarakat akibat pernyataannya tersebut. Sebenarnya dia enggan menjawab polemik tersebut, dan lebih fokus bekerja Gila, karena Bondowoso harus cepat bergerak.

“Saya fokus bekerja jadi riak-riak kecil saya biarkan aja, dinamika masyarakat, memahami kalimat demi kalimat saya butuh penjelasan ilmiah, mereka yang menterjemahkan kalimat saya... Saya tantang mereka, secara ilmiah bisa mempertanggungjawabkan tidak”, tantang Saifullah.

Menanggapi klarifikasi Sekda Bondowoso, Saifullah, Wakil Ketua LSM LAKI Bondowoso, Sumitro Hadi, SH., menganggap pernyataan Sakda Saifullah sombong sekali, sepertinya menganggap seluruh masyarakat Bondowoso bodoh.

“Pernyataan Sekda Saifullah sombong sekali, seperti paling pinter sendiri dan menganggap seluruh masyarakat Bondowoso bodoh semua. Itu kan menyangkut pemerintahan sebelumnya, sedang Bupati saat ini juga bagian dari pemerintahan sebelumnya, seakan Saifullah lebih hebat dengan lainnya. Lalu apa kehebatan seorang Saifullah, kenyataanya pendidikan menurun, pembangunan tidak kelihatan sama sekali, pernyataan-pernyataan Saifullah selalu menimbulkan polemik baru di masyarakat”, jelas Sumitro.

Menurut saya, Sekda membangun praktik psikologi Govermentally dalam dinamika kekuasaan. Pernyataan Sekda menjadi peralihan diskursus sejarah kepemimpinan di Bondowoso, tetapi pada saat yang sama bertujuan untuk memperkuat, mengubah dan mempertahankan, sehingga menghancurkan suatu dominasi.

Pernyataan Sekda tidak perlu dikaji secara ilmiah, jika hanya menyalahkan kebijakan pemerintah sebelumnya. Bondowoso butuh pemimpin yang kreatif dan inovatif, dibutuhkan langkah yang smart dan smooth, jangan melakukan apologi, pada saat memiliki kelemahan retorika dalam dialektika. Dan jangan melakukan pembenaran disaat tidak mampu memberikan kontribusi dan langkah kongkrit terhadap kemajuan Bondowoso, tungkas Mitro.(*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/