Saturday, October 5, 2019

Pos Ramil Sumberwringin Laksanakan Pemadaman Kebakaran Hutan Perhutani

BONDOWOSO – ijenpost.net - Danpos Ramil Sumberwringin, Pelda. Untung Subagyo beserta Anggota Koramil 0822/12 Sukosari, anggota Pos Ramil Sumberwringin, Polsek Sumberwringin, KRPH Sumberwringin, Perhutani/Polmob Bondowoso, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bahu membahu menanggulangi kebakaran Hutan Perhutani, Sabtu 05/10/2019.

Kebersamaan semua pihak dengan kompat melaksanakan kegiatan pemadaman api yang membakar lahan milik Perhutani di Petak 82-1 dan 82-4 yang sempat menghanguskan hutan Perhutani seluas kurang lebih 3 Hektar.

Adapun penyebab kebakaran dari faktor alam akibat kekeringan musim kemarau yang berkepanjangan. Masyarakat setempat menyampaikan bahwa di sekitaran lokasi terdapat Watu Geni (Batu yang jatuh dan berbenturan bisa menimbulkan percikan api).

Pelda Untung Subagyo menjelaskan, "dalam hal ini, sebagai Aparat Muspika Kec. Sumberwringin mengambil langkah dan berkoordinasi dengan pihak RPH Sumberwringin, BPBD, LMDH, Perhutani (Polmob) dan masyarakat setempat untuk bersama-sama bergerak ke lokasi dan berusaha untuk memadamkan api yang sudah membakar hutan milik perhutani".

"Dengan alat seadanya kami berupaya membuat pembatas/pemisah jalan agar kobaran api tidak menjalar ke tempat lainnya. Dalam pelaksanaan pemadaman kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih" jelasnya.

“Syukur Alhamdulillah setelah ditunggu sampai 1 jam, api sudah tidak menjalar lagi”, kata Pelda Untung Subagyo.

Hal ini dilaksanakan merupakan salah satu tugas sebagai TNI, yang didalamnya termasuk penanggulangan bencana dan sebagai muspika memiliki kewajiban mengajak masyarakat untuk menjaga Alam/Hutan dari kebakaran, jelas Pelda Untung. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/