Tuesday, November 12, 2019

Interpelasi DPRD Menjadi Momen “Pencari Panggung Politik”

Interpelasi merupakan hak DPR untuk meminta keterangan atas kebijakan pemerintah yang dianggap penting dan strategis serta berdampak pada kehidupan masyarakat. Dalam pandangan hukum, hak interpelasi kepada pemerintah adalah hak untuk bertanya, hal yang lumrah dan wajar saja

Banyak kalangan memandang interpelasi secara sepotong-potong dan tidak lengkap. Yang mana interpelasi dialamatkan pada satu orang dan berangkat dari usulan perorangan.

Terutama para elemen atau tokoh masyarakat yang berupaya mencari “panggung politik”, seakan-akan mengkonfirmasi bahwa kubu pemerintah selama ini memang anti kritik dan kerap melakukan pembelaan secara “membabi buta”, mengkritik langkah interpelasi DPRD Bondowoso tanpa dasar yang kuat. 
 
Ada pihak yang menganggap Interpelasi DPRD Bondowoso kurang syarat materiil, ada juga yang memberikan solusi sederhana, pelanggaran UU cukup dilakukan komunikasi politik, ada juga yang mempermasalahkan urgensi pelaksanaan hak interpelasi.

Artinya banyak hal-hal yang dijadikan amunisi “pencari panggung politik” untuk mengkritik fungsi pengawas DPRD kepada pemerintah ini sering kali terbantahkan dengan mudah.

Pemahaman yang salah kaprah, bahwa interpelasi ditujukan kepada orang, sebut saja KH. Salwa Arifin secara pribadi. Sedang interpelasi DPRD ditujukan kepada Pemerintah kabupaten Bondowoso, yang kebetulan saat ini dipimpin oleh KH. Salwa Arifin sebagai Bupati.

Sehingga banyak pandangan salah, bahwa interpelasi ditujukan kepada pribadi KH. Salwa Arifin sebagai tokoh agama yang di segani masyarakat Bondowoso. Padahal interpelasi adalah hak DPRD meminta keterangan kepada Bupati mengenai kebijakan pemerintah yang berdampak luas pada masyarakat.

Sehebat atau secerdas apapun seorang “pencari panggung politik”, seharusnya dia tetap perlu tahu tata krama dan pemahaman regulasi secara obyektif. Membela "membabi buta" dan bilang tidak salah untuk sesuatu yang melanggar ketentuan perundangan sebenarnya itu semakin menjerumuskan pemerintah. 
 
Opini oleh Redaksi Ijen Post

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/