Saturday, February 15, 2020

Ketua DPRD Menghimbau, Menegakkan Aturan Tanpa Melanggar Aturan

BONDOWOSO – ijenpost.com – Panitia Khusus (Pansus) DPRD dibentuk untuk melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang DPRD dalam melakukan pengawas sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah (PP) 12 Tahun 2018. Pada saat Pansus mengundang unsur pemerintah ataupun masyarakat untuk meminta penjelasan terhadap sebuah persoalan, seharus pihak yang diundang menghadiri. Karena pansus ini dibentuk bukan untuk mengadili ataupun melakukan penyidikan terhadap pihak yang diundang. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir, di kediamannya, Tegal Mejin Grujugan, 15/2 siang.

PP 12 Tahun 2018 mengatur wewenang DPRD untuk menghadirkan pihak-pihak dari unsur pemerintah ataupun masyarakat dalam rapat-rapat di DPRD. H. Ahmad Dhafir menyikapi Rencana Pansus Tim Panitia Seleksi Dewan Pengawas dan Direktur PDAM, serta seleksi Direktur PT. Bondowoso Gemilang (Bogem), yang mewacanakan memanggil Bupati, KH. Salwa Arifin, dalam rapat kerja Pansus selanjutnya.

“Dalam amanah PP 12 Tahun 2018, Pasal 72 ayat (1) huruf (a), hanya Rapat paripurna yang berhak meminta kehadiran Bupati untuk meberikan penjelasan kepada DPRD. Jika Pansus DPRD membutuhkan penjelasan Bupati, cukup meminta waktu untuk berkonsultasi kepada Bupati, tetapi bukan menghadirkan Bupati ke kantor DPRD dalam rapat Pansus”, jelas H. Ahmad Dhafir.

”Karena wacana pemanggilan Bupati sudah ramai di publik, sebagai pimpinan DPRD, perlu saya luruskan, bahwa Pansus dibentuk dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan DPRD kepada pemerintah, tetapi dalam melaksanakan fungsi pengawasan tersebut, harus sesuai dengan aturan perundangan. Pansus DPRD tentunya bisa memberikan manfaat dan tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang ada,” imbuhnya.

H. Ahmad Dhafir menjelaskan hubungan kemitraan serta kesetaraan DPRD dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). “Kita hormati kemitraan serta kesetaraan jabatan antar Forpimda dan DPRD, karena menjadi aneh kalau seorang Kepala OPD memanggil Pimpinan DPRD untuk dimintai keterangan, demikian juga sebaliknya”.

H. Ahmad Dhafir, juga mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi seluruh anggota Pansus Tim Panitia Seleksi Dewan Pengawas dan Direktur PDAM, serta seleksi Direktur PT. Bondowoso Gemilang (Bogem) yang sudah bekerja siang malam. "Saya mengapresiasi kinerja Pansus, DPRD sebagai mitra yang baik Pemkab Bondowoso, harus berani berbicara akan kebenaran untuk kebaikan Kabupaten Bondowoso kedepannya".

”DPRD berbicara harus sesuai data dan fakta, dan dalam menyampaikannya dengan tujuan untuk perbaikan kedepannya. Tetapi harus digaris bawahi, dalam proses menjalankan fungsi pengawasan, DPRD juga wajib mematuhi regulasi dan tidak melampaui kewenangannya sebagai anggota DPRD. Intinya dalam menegakkan aturan tanpa melanggar aturan” ujar H. Ahmad Dhafir. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/