Tuesday, March 17, 2020

Bupati Bondowoso Himbau Masyarakat Tenang Hadapi Corona

BONDOWOSO – ijenpost.com – Terkait Corona Virus Disease (Covid – 19) Bupati Bondowoso Drs.Salwa Arifin menghimbau kepada seluruh masyarakat Bondowoso untuk tenang, tidak panik, dan tetap waspada.

Hal ini dismpaikan Bupati Bondowoso pada Press Realease di ruang serbaguna Dinas Kesehatan Bondowoso, Senin (17/3/2020) sekitar pukul 09.33 WIB.

Hadir pada Press Realease tersebut Muspida Bondowoso, Wabup Bondowoso, Sekda Bondowoso, Wabup Bondowoso, Asistent 1, Kepala Dinkes, pihak komisi 4 DPRD Bondowoso, dan beberapa pejabat pimpinan di lingkup Pemkab Bondowoso.

9 himbauan Bupati kepada masyarakat Bondowoso, beberapa diantaranya, untuk kegiatan belajar mengajar pada semua jenjang pendidikan dilakukan di rumah peserta didik masing – masing sampai dengan 29 Maret 2020, dimulai 16 Maret 2020 termasuk kegiatan pihak pemerintah atau masyarakat yang menghadirkan banyak massa agar ditunda hingga 29 Maret 2020.

“Berprilaku sehat, jaga kesehatan dan daya tahan tubuh, serta tetap tenang, tidak panik, dan tetap waspada terhadap.penyebaran Covid – 19,” Kata Bupati Salwa Arifin.

Isu terjangkitnya virus korona terhadap salah satu warga Bondowoso, dengan tegas dinyatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, Dr. M.Imron pada kesempatan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso menjelaskan, sampai saat ini tidak ada satu warga Bondowoso terjangkit Corona dan sesuai Standar Prosedur Operasional (SOP), mulai dari upaya pencegahan hingga penanganan masyarakat, baik kategori orang dengan resiko (ODR) dan masyarakat dalam kategori orang dengan pantauan (OPD) telah dilakukan penanganan di RSU Dokter Koesnadi yang merupakan RSU rujukan ketika ada masyarakat Bondowoso ditengarai dalam resiko atau dalam pantauan terkait virus ini.

“Sekali lagi saya sampaikan, sejak awal kami dengan Forkopimda, sudah melakukan beberapa pertemuan termasuk secara internal di Dinas Kesehatan juga kami lakukan seperti sosialisasi termasuk rapat koordinasi dipimpin Asisten, Sekda, dan Kapolres Bondowoso sudah kami lakukan,” kata dr M Imron.

Kadis berharap bagi teman temen media, agar satu pintu ketika ingin mendapat informasi dengan menghubungi Poskor Dinas Kesehatan bahkan kontak person ataupun center sudah disediakan untuk mempermudah pelayanan.

“Silahkan berkoordinasi dengan kepala bidang pelayanan kesehatan Pak Arif, Seksi Survey, dan Imunisasi ketika ada informasi yang bukan bersumber dari posko selain itu juga diminta agar jangan disebar luaskan terlebih dahulu sebelum ada konfirmasi dengan kami, forkominda, juga rumah sakit,” jelas Kadis.

Kepala Dinkes menambahkan, secara nasional seluruh pembiayaan terkait upaya penanganan masyarakat yang diduga beresiko termasuk rawat inapnya, menjadi tanggung jawab negara ataupun daerah yang tentunya melalui dana APBN.

Pemerintah Daerah jelas akan berikan pelayanan, karena itu gugus tugas, meski bukan hanya berikan pelayanan atau pencegahan, akan tetapi juga perencanaan pembiayaan pelayanan kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit tanpa dikenakan biaya dan tidak akan rumit.

“Terkait kenaikan harga masker dan anti Septik di apotek atau lainnya maka kami meminta bantuan Kapolres bondowoso untuk membantu hal ini,” harap dr.M.Imron.

Kapolres Bondowoso AKBL Erick Frendriz, S.IK menyampaikan, pihaknya akan memantau kenaikan harga masker maupun anti septik untuk wilayah Bondowoso.

“Kami akan memantau kenaikan harga masker maupun anti septik namun jika harga itu merupakan ketentuan dari perusahaan, maka kami tidak bisa menindak.
Namun jika kenaikan ini akibat adanya dugaan penimbunan, maka akan ditindak tegas.
Untuk penyebaran dan pembuat berita Hoax, kami akan bekerjasama sama dengan Kominfo dan media jika ada berita hoax, karena hoax itu lebih berbahaya,” ujar Kapolres

Harapan Kapolres maslah Virus Corona ini jangan sampai dikaitkan dengan politik dan sebagainya karena efeknya sangat luar biasa. Pihaknya sudah membentuk tim yang akan mendeteksi bagi yang menyebarkan berita hoax akan ditindak tegas.

Usai Press Realease, bupati bersama romb VBongan Muspida dan unsur pejabat pimpinan di lingkungan Pemkab Bondowoso meninjau Posko Codiv – 19. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/