Tuesday, April 7, 2020

Harapan Ketua DPRD Bondowoso Dalam Upaya Penanggulangan Covid-19

BONDOWOSO – ijenpost.com – Dalam upaya penanggulangan virus Covid-19 atau virus corona, Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso harus bermindset memiliki kewajiban untuk menjaga keselamatan seluruh warga Bondowoso yang berarti melindungi jiwa, baik itu petugas sebagai garda terdepan dan masyarakat secara umum. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir, dikediamannya, 07/04/2020.

Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, Serta Pengadaan Barang Dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) atau virus corona. Instruksi tersebut memerintahkan seluruh perangkat negara mengalokasikan anggaran serta pengadaan barang dan jasa untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Secara khusus, lanjut H. Ahmad Dhafir, Presiden menginstruksikan agar Menteri Keuangan memfasilitasi proses revisi anggaran secara cepat, sederhana, dan akuntabel. Sedang kepada Menteri Dalam Negeri, untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut dalam rangka percepatan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan/atau perubahan peraturan kepala Daerah tentang penjabaran APBD untuk percepatan penanganan Covid-19 kepada Gubernur/Bupati/Walikota.

Instruksi dikeluarkan dalam rangka pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan memperhatikan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerahm dan Mendagri Keluarkan Surat Edaran soal Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah. DPRD Bondowoso siap memfasilitasi revisi anggaran secara cepat, sederhana, dan akuntabel.," ungkap H. Ahmad Dhafir.

Terkait penggunaan anggaran APBD sudah jelas ada petunjuk dari impres, dan sudah ditindaklanjuti Pemkab Bondowoso dengan SE Bupati Bondowoso Nomor : 141/165/430.9.8/2020, tentang Pengawasan dan pengendalian Corona Virus Disaese 2019 (Covid-10) di Desa. Sehingga jangan mempersulit diri, yang penting seluruh penggunaan anggaran untuk mencukupi kebutuhan penanggulangan Covid-19 dapat dipertangungjawabkan. Bupati disini selaku ketua gugus tugas penanggunagan covid-19 dan Forkopimda selaku wakil ketuanya.

Penggunaan Anggaran penanggulangan Covid-19 pada Kelurahan/Desa diatur dalam Surat Edaran Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 08 tahin 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan padat Karya Tunai Desa. Sedang Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 1 Tahun 2020 untuk kelurahan

Upaya gugus tugas dalam melaksanakan penanggulangan Covid-19 dengan mendirikan posko-posko dipintu masuk Bondowoso, yang langsung melakukan screening Covid-19 bagi warga yang masuk Bondowoso. Untuk itu, ketua DPRD Bondowoso memberikan apresiasi kepada Bapak Kapolres beserta jajarannya, Bapak Komandan Kodim beserta jajarannya, Dinas Kesehatan, RSUD, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, petugas kesehatan, Kecamatan, Kelurahan/desa dan adik-adik pramuka yang telah rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Jadi kita berharap, sinergi dan kebersamaan ini menjadi motivasi kita dalam upaya penanggulangan Covid-19, sebagai wujur tanggungjawab pemerintah memberikan rasa aman kepada masyarakat bondowoso.

Perlu disampaikan kepada masyarakat bahwa masyarakat yang terinfeksi virus corona bukan terkena aib. Mereka di isolasi semata-mat untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Dan perlu di jelaskan agar nanti setelah mereka sembuh yang bersangkutan dan keluarganya tidak di kucilkan di masyarakat, pungkas H. Ahmad Dhafir. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/