Thursday, July 9, 2020

Pemkab Bondowoso Matangkan Konsep New Normal untuk Di-Perbupkan

BONDOWOSO – ijenpost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso Jawa Timur mematangkan konsep pedoman penerapan new normal untuk dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) sebagai langkah menuju tatanan kehidupan baru penanganan Covid-19. Rapat koordinasi (rakor) pembahasan untuk mematangkan konsep new normal ini dipimpin Bupati Bondowoso Salwa Arifin dengan melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gugus Tugas Covid-19, dan sejumlah elemen masyarakat di Pendapa Bupati setempat, Kamis (9/7/2020).

Bupati Salwa mengatakan, rakor pembahasan untuk mematangkan konsep new normal yang nantinya dituangkan menjadi Perbup, ini mengatur tatanan kehidupan baru masyarakat Bondowoso dengan protokol kesehatan. Sehingga, kehidupan masyarakat dan semua sektor pembangunan di Bondowoso berjalan baik. ”Jadi, pembahasan ini untuk mematangkan dan menyempururnakan konsep new normal. Maka dari itu, kita menampung saran dan ide, serta melihat apakah yang kurang dan yang lebih sebelum disahkan menjadi Perbup,” katanya.

Wabup Irwan Bachtiar Rahmat menambahkan, ada sekitar 30 pasal dalam konsep new normal yang menjadi draf Perbup menuju tatanan kehidupan baru masyarakat Bondowoso. Draf itu meliputi kegiatan kehidupan masyarakat, seperti keagamaan, sosial, perdagangan, dan pariwisata. ”Namun, draf Perbup itu perlu dievaluasi lagi. Karena, beberapa poin yang belum dibahas, ditemui masalah. Seperti kurangnya Bab pada pelaksanaan dan penertiban oleh TNI–Polri dan juga akan ditambahkan Bab pada mekanisme perijinan kegiatan keagamaan, perlombaan, dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara Sekda Bondowoso Syaifullah mengatakan konsep pedoman penerapan new normal yang nantinya dituangkan menjadi Perbup Bondowoso merupakan langkah menuju tatanan kehidupan baru masyarakat Bondowoso. Tujuannya, agar semua sendi kehidupan masyarakat dan seluruh sektor pembangunan di Bondowoso kembali berjalan dengan baik. ”Jadi, Perbup tentang Pedoman Penerapan Fase New Normal, ini nantinya mengatur aktivitas kehidupan perekonomian masyarakat di Bondowoso agar tumbuh lagi dengan tetap mengacu protokol kesehatan,” katanya.

Sementara Komandan Kodim 0822, Letkol Inf. Jadi yang turut serta dalam acara tersebut menerangkan, untuk izin acara bisa dilakukan melalui Gugus Tugas baik di desa, kecamatan atau pun Kabupaten. Menyesuaikan dengan tingkat kegiatannya.

Namun, manakala dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan nanti disampaikan ke Gugas Pemkab.

“Kalau peraturan-peraturan yang dulu kan harusnya ke Polres. Karena ini spesial, khusus dalam situasi pandemi nanti ada Gugus Tugas,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa Pemerintah Daerah Bondowoso telah membentuk Peraturan Bupati Perbup Nomor 50 tahun 2020 terkait pedoman kegiatan kemasyarakatan di tengah pandemi Covid-19 sejak 10 Juli 2020 lalu itu menetapkan pedoman terkait lima hal. Yakni, kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, ekonomi perdagangan dan industri, serta pariwisata. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/