Sunday, October 4, 2020

Pilkada Situbondo 2020, Hj. Esyi Lussanti Dukung Pasangan Mulya Abadi

SITUBONDO – ijenpost.com – Berdasarkan hasil pertimbangan dan petunjuk dari gurunya, Abah Singo yang sering disapa dengan panggilan Gus Ilyas, massa pendukung Hj. Esyi Lussanti diarahkan dukungannya kepada Pasangan Mulya Abadi dalam pilkada Situbondo 2020. Hanya dua calon yang akan ikut kontestasi pilkada Situbondo 2020, yakni dari petahana Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya-Abadi) dan pasangan bakal calon dari "penantang" Karna Suswandi-Nyai Hj Khoirani (Karunia).

Tokoh ulama maupun tokoh masyarakat pendukung Hj. Esyi Lussanti kini mulai bergerak, memberi dukungannya pada pasangan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya-Abadi). Elemen dan Organisasi mitra kerja Hj. Esyi Lussanti, menyatakan ingin mendukung Mulya Abadi di Pilkada Situbondo.

"Dalam rangka menjaga amanah tokoh ulama, guru dan masyarakat dan simpatisan, maka Hj. Esyi Lussanti menyatakan sikap mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi, dalam Pilbup Kabupaten Situbondo," kata Hj. Esyi Lussanti, dalam keterangannya, minggu (04/10/2020).
Hj. Esyi Lussanti mengajak seluruh pendukung dan simpatisannya, memenangkan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi. Deklarasi dukungan ke Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun Hj. Esyi Lussanti masih menunggu restu dari gurunya, Gus Ilyas dari Koncer Bondowoso.

"Ini karena arus bawah yang menghendaki, termasuk konstituen dan para ulama. Saya berharap tokoh ulama dan tokoh masyarakat pendukungnya juga bersikap yang sama," kata Hj. Esyi Lussanti.

Hj. Esyi Lussanti yang pernah menjadi aspri mentri sosial (2013-2018) dan pernah juga menjadi aspri Gubernur Jatim ini, menyatakan pihaknya memang telah memutuskan secara final perkara mendukung Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi. Tokoh ulama dan masyarakat pendukungnya, kini menunggu deklarasi resmi dukungan Hj. Esyi Lussanti kepada pasangan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi.
"Kita memang sudah memutuskan mendukung pasangan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi, tetapi masih menunggu petunjuk guru saya dan tidak boleh grusah-grusuh," kata Hj. Esyi Lussanti.

Hj. Esyi Lussanti akan membuka kesempatan bagi seluruh pendukung dan simpatisannya untuk mengekspresikan aspirasinya. Pun demikian dengan pihak-pihak yang ikut kontes di Pilbup Situbondo 2020, Hj. Esyi Lussanti mempersilakan pihak pasangan Karna Suswandi-Nyai Hj Khoirani (Karunia) untuk melakukan komunikasi dengan pendukung dan simpatisannya.

Meski demikian, Hj. Esyi Lussanti menyatakan pendukung dan simpatisannya cenderung mendukung Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi ketimbang Karna Suswandi-Nyai Hj Khoirani.

Hj. Esyi Lussanti telah melakukan komunikasi untuk menyerap aspirasi para pendukung dan simpatisannya, kebanyakan mendukung Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi, yakni lebih dari 70 persen, sisanya, 10 persen, pendukung dan simpatisannya mendukung Karna Suswandi-Nyai Hj. Khoirani, dan sekitar 20 persen belum menentukan sikap dukungannya.

"Ya dilihat saja. Suara ulama dan masyarakat pendukung saya adalah representasi aspirasi, kan sudah bisa dilihat. Jangan dibilang condong ke Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi, tetapi memang murni aspirasi dari ulama dan masyarakat pendukung saya, itu adalah sebuah fakta," kata Hj. Esyi Lussanti.

Namun dia memandang peran partai politik sudah tidak terlalu mendominasi dalam mendulang suara Pilbup Situbondo nanti. Yang diperlukan sesungguhnya hanyalah sikap konstituen. Partai tak lagi memegang peran dominan untuk menggerakkan tangan masyarakat di bilik suara, tetapi murni kehendak masyarakat dalam memilih pemimpinnya. (*)

Cak War

Asosiasi Media Online Indonesia

Asosiasi Media Online Indonesia

Mitra Ijen Post

Logo Ijen Post

INFO HARGA SEMBAKO JAWA TIMUR

http://picasion.com/